Kemenhub: Bandara Komodo dalam Labuan Bajo Siap Sambut Delegasi KTT ASEAN

Kemenhub: Bandara Komodo dalam Labuan Bajo Siap Sambut Delegasi KTT ASEAN Kemenhub: Bandara Komodo dalam Labuan Bajo Siap Sambut Delegasi KTT ASEAN

Kementerian Perhubungan atau Kemenhub menyebut, Bandara Komodo telah siap dalam lingkungan pendaratan pesawat untuk delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 cukup 9-11 Mei 2023.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan keampuhan lintas lintas penerbangan dari dan ke Labuan Bajo selama masa penyelenggaraan KTT Asean 2023 terkemuka. Dia mengatakan, Kemenhub telah melakukan sejumlah pengaturan demi menyeimbangkan pergerakan kelima jenis penerbangan, guna menjamin pemenuhan aspek keselamatan, keamanan dan keampuhan demi lima jenis penerbangan.

"Lima jenis penerbangan itu merupakan, VVIP, militer, charter, private, maupun penerbangan reguler," ujar Budi di dalam kecerahan resmi, Senin (8/5)

Budi menjelaskan. pihaknya tidak menutup akses penerbangan reguler mengenai dan ke Labuan Bajo selama gerakan KTT ASEAN berlangsung. Operasional Bandara Komodo bahkan disingkap 24 jam dan ada penambahan atau extra flight untuk penerbangan reguler.

Pengaturan terkemuka tertuang ekstra dalam Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SE 6 Tahun 2023 tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan KTT Asean ke-42 Tahun 2023 antara Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, adapun telah diterbitkan akan 18 April 2023 selanjutnya mulai berlaku akan 7-13 Mei 2023.

SE terkandung telah disampaikan kepada penyelenggara angkutan udara jujur operator bandara maupun penerbangan suntuk-suntuk hari, agar lebih siap untuk mengantisipasi adanya perubahan jadwal penerbangan.

“Kami mengimbau kepada pengelola maskapai dan bandara, demi proaktif memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada para penumpang, bertimbang lewat ketentuan adapun berlaku cukup Surat Edaran. Seperti misalnya, informasi perubahan jadwal penerbangan, penundaan, pembatalan, kompensasi, sistem refund, dan lain sebagainya,” kata Budi.

Kemenhub mengimbau kepada masyarakat nan bagi melakukan perjalanan menggunakan penerbangan reguler dari maka ke Labuan Bajo, agar memperhatikan kembali jadwal penerbangan dekat jenjangl terkandung, khususnya dekat hari puncak kebertandangan pesawat VVIP cukup 9 Mei 2023 maka kepulangan pesawat VVIP cukup 11 Mei 2023.

Kemenhub agak telah melakukan pengaturan seluruh pesawat VVIP negara anggota Asean yang akan parkir menginap (Remain Over Night/RON) dalam Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali, dalam Apron Utara dan Apron Selatan. Ini agar penerbangan reguler tetap dapat beroperasi daripada dan ke Bandara Komodo. 

Kami terus berupaya seLampau mungkin agar masyarakat masih bisa berwisata dan menikmati keindahan Labuan Bajo hadapan saat penyelenggaraan KTT Asean," kaperkara

Presiden Joko Widodo sebelumnya mengatakan Labuan Bajo telah siap menyambut KTT ASEAN. Ia mengmenyingkapkan, momentum ini dapat dimanfaatkan bagi memperkenalkan keindahan Nusa Tenggara Timur kepada dunia, "KTT Asean tinggal dua hari lagi, semua sudah siap, kita cek setelah lebaran semua sudah siap, tinggal pelaksanaannya," ujar Presiden.

Berdasarkan Data Ditjen Perhubungan Udara, akan periode global terdapat maksimal 18 penerbangan Pulang Pergi (PP) reguler per hari rute ke atau dari Labuan Bajo. Sementara itu, akan periode KTT Asean diperkirakan buat ada tambahan 16 penerbangan VVIP dan relokasi dalam sehari, spesialnya dalam masa puncak akan 9 dan 11 Mei 2023, saat kedatangan dan kepulangan para Delegasi.

Kemenhub pula telah berkoordinasi bersama operator bandara, ground handling, keimigrasian (CIQ), selanjutnya pihak terkait lainnya, bagi memuluskan pergerakan/flow kedatangan selanjutnya kepulangan tamu VVIP selanjutnya delegasi. Selain itu, telah disiapkan pula pengaturan dukungan antisipasi evakuasi udara bersama menggunakan helikopter bahwa telah dipublikasi terdalam Aeronautical Information Publication (AIP)  berupa Visual Flight Rules (VFR) corridor.

Indonesia didapuk memegang Keketuaan ASEAN kelima kalinya dempet tahun ini. Tema gendutnya ÔÇťASEAN Matters: Epicentrum of Growth". Dengan ini, Indonesia ingin dalamkan ASEAN tetap berpengaruh dan relevan bagi masyarakat Asia Tenggara dan dunia. Peran sentral terbilang hendak dijalankan dalam wujud motor perdamaian dan kesejahteraan daerah.

Cari acuh bukti selanjutnya data yang akurat seputar KTT ASEAN 2023 di "LIVE REPORT ON THE SPOT" Katadata daripada Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, 9-11 Mei 2023.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023

#KatadataASEANSummit2023 #KalauBicaraPakaiData